Ternyata, Menambah RAM Tidak Sembarangan lho!

Untuk menunjang performa laptop, salah satu caranya adalah menambah RAM pada laptop kita. Tatapi ternyata, untuk menambah RAM tidak sembarangan lho sobat. Ada beberap hal yang perlu di perhatikan jika ingin menambah RAM pada laptop.

  1. Kebutuhan Upgrade
    Jangan terburu-buru dalam menambahkan RAM. Setiap masing-masing individu memiliki kebutuhan RAM yang berbeda-beda, karena kita sendirj yang tau kinerja laptop yang kita gunakan. Tetapi lihat terlebih dahulu, apakah perlu menambah RAM atau tidak. Jika membutuhkan, berapa besar RAM yang akan diperlukan.
  2. Sistem Operasi pada laptop
    Perhatikan system operasi yang terinstal pada laptop. Baik linux maupun windows memiliki batasan ukuran aksitektur membaca memiri yang berbeda. Seperti versi 32 bit yang memiliki batas kemampuan membaca memori sebanyak 4 GB dan versi 64 bit yang memiliki batas memori 128 GB. Jika menambahkan RAM dengan melebihi batas, maka akan percuma / mubadzir. Karena yang akan terbaca adalah batas maksimumnya.
  3. Jenis Processor
    Setiap processor memiliki arsitektur yang berbeda-deba, oleh sebab itu support memoripun kadang juga berbeda. Yang perlu di perhatikan jika ingin menambah RAM adalah Max Memory Size (Ukuran maksimak memori), Tipe Memory dan Memory Channel.
  4. Slot Ram
    Jika ingin menambah RAM, maka sesuaikan juga dengan jumlah slot RAM yang ada di laptop kamu.
  5. Garansi Laptop
    Hal terakhir yang perlu di perhatikan adalah masa garansi. Biasanya garansi laptop akan berlaku jika laptop belum pernah di bongkar oleh pihak lain. Untuk menambah RAM tentunya laptop harus di bongkar. Karena laptop sudah pernah di bongkar, hal tersebutlah yang membuat masa garansi laptop tidak berlaku lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *