Startup Beri Peluang Petani Go Online

Digital semakin merambah di kehidupan masyarakat. Namun masih banyak masyarakat yang belum tesentuh teknologi dan memanfaatkan digital secara maksimal untuk melakukan kegiatan bisnis mereka. Seperti  dalam bidang pertanian, perikanan, peternakan dan lain sebagainya.  Dalam dunia bisnis Startup (Start-Up) merupakan sebuah perusahaan rintisan atau yang beroperasi dibawah 5 tahun .

Dari definisi di atas, startup merupakan perusahaan yang baru berjalan. Namun, bisnis startup ini lebih identik dengan bisnis yang berkaitan dengan teknologi, web, internet dan yang berhubungan dengan ranah tersebut.

Dengan adanya startup, dapat mempermudah masyarakat Indonesia untuk membuka bisnis dengan model baru dalam dunia digital. Startup juga dapat membantu masyarakat yang tidak memiliki lapakpun tetap bias membuka usaha dan mengembangkan bisnis mereka.

Mengingat banyaknya masyarakat Indonesia yang memiliki mata pencaharian sebagai petani dan merupakan negara agraris. Hal tersebut di manfaatkan oleh developer Indonesia untuk membangun stratup yang memiliki fokus ke bidang pertanian. Kita simak yuk beberapa inovasi startup di bidang pertanian.

SiKumis.
Sikumis.com adalah pelopor layanan B2B (Business to Business) dan B2C (Business to Customer) dengan produk mulai dari pertanian hingga nelayan. Sikumis.com sebagai bagian jalur distribusi dari produsen/pabrikan kepada para petani hingga nelayan.

iGrow.
iGrow adalah peer to peer pinjaman platform untuk pertanian kontrak. iGrow membatu para petani dan lahan yang kurang di manfaatkan untuk menghasilkan pertanian organik yang terukur setra efisien yang akan di berikan modal oleh orang-orang perkotaan. Yang Menghubungkan petani, pemilik tanah dan investor.

CROWDE.
Crowde merupakan platform investasi dibidang ertanian yang terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas jasa Kuasngan) dengan framework crowd-investment CROWDE menjadi wadah bagi investor untuk bergotong-royong membantu petani Indonesia.

Limakilo.
Merupakan startup yang terfokus dalam tata niaga jual beli hasil pertanian dengan mempertemukan langsung antar penjual dengan pembeli.

8ViLLages.
Startup ini memberikan edukasi dan membantu para petani yang masih kurang mengenai pengetahuan tentang dunia pertanian.

Dari beberapa stratup di atas, tentunya terdapat inovasi startup lainnya yang dapat membantu kesejahteraan petani seperti Ci-Agriculture, Eragano, eTanee dan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *