Sosok Dibalik Terciptanya GPS

Kalian pasti pernah ingin pergi kesuatu tempat tetapi tidak tau jalan akses untuk menjangkau tempat tersebut. Zaman dulu, sebelum teknologi menjalar seperti sekarang. Untuk pergi kesuatu tempat yang kita belum tau arah dan jalurnya, biasanya kita akan bertanya kepada orang untuk memberitahu / menunjukkan arah ke tempat tujuan kita. Mangkanya ada istilah “Malu bertanya sesat di jalan”, jadi jika kalian malu untuk bertanya maka siap-siap kemungkinan akan tersesat, hehe. Oleh sebab itu untuk anak-anak zaman old jika ingin pergi ke tempat yang jauh harus tahu medan, baru mereka berani berpergian.

Tetapi tentunya beda untuk zaman sekarang dimana teknologi sudah menjamah kehidupan sehari-hari masyarakat,  bahkanuntuk sekarang jika kita ingin pergi ke destinasi wisata yang belum pernah kita kunjungi , hal tersebut tidak akan menjadi masalah karena dengan adanya GPS (Global Positioning System)  Tracker yang terpasang  pada kendaraan maka akan menjadi lebih mudah dalam menjangkau suatu tempat karena arah dan tujuan jalan bisa diketahui setelah GPS mengirim posisi kendaraan kita yang kemudian diterjemahkan ke dalam bentuk peta digital. Dan tentunya masih banyak lagi kegunaan GPS lainnya.

Namun di balik GPS yang memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat, banyak yang belum tahu siapa pencipta teknologi GPS tersebut. Tahukah kalian ? ternyata pencipta teknologi GPS adalah seorang perempuan lho. Dia adalah Glady West yang merupakan sosok yang dikenal sebagai tokoh rahasia militer Amerika Serikat . West juga bekerja dengan sekelompok perempuan dalam komputasi militer AS pada tahun 1950-1960-an. Selain itu west juga merupakan tokoh ahli matematika Amerika yang terkenal karena kontribusinya dalam pemodelan matematika bentuk bumi. Bahkan west juga pernah mendapatkan penghargaan atas meneliti keteraturan gerak relatif Pluto terhadap Neptunus.

Kemudian pada tahun 1960 West mencoba pemrograman komputer IBM 7030 yang kemudian dinamai Stretch. Ternyata komputer tersebut dapat memberikan perhitungan geodetik bumi dengan akurat (GOID). Program tersebutlah yang kemudian menjadi cikal bakal terciptanya GPS. West kemudian mendapatkan penghargaan tertinggi di Air Force Space and Missile Pioneers Hall of Fame.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *