Atasi Laptop Lemot

Melatih kesabaran sesorang tentunya dengan beberapa macam, salah satunya adalah menghadapi laptop yang lemot. Tidak sedikit pula yang naik pitam karena menghadapi laptop mereka yang lelet dalam menjalankan operasinya. Apalagi jika kita sedang sangat membutuhkan laptop untuk mengerjakan suatu pekerjaan. Baru membuka beberapa aplikasi saja sudah mulai lamban bahkan sampai not responding.

Banyak yang menggunakan laptop karena dinilai lebih praktis, karena laptop merupakan buatan manusia tidak di pungkiri menurunnya permorma kerja laptop juga dapat terjadi. Dalam penggunaanya agar laptop awet dan juga tidak lemot, tentu tidak hanya di fokuskan pada spesifikasi laptop maupun merk laptop. Tetapi bagaimana cara kita merawat laptop juga dong, laptop sebagus apapun jika kita tidak merawatnya dengan baik maka akan gampang pula mengakibatkan menurunnya performa kerja laptopnya.

Ada beberapa hal yang menyebabkan laptop kita lelet, seperti halnya telalu banyak startup, hardisk sudah penuh, terlalu banyak membuka aplikasi dan browser tabs, laptop tekena virus , RAM terlalu kecil dan akar permasalahan lainnya. Jika kita mengetahui akar permasalahnnya tentunya akan memepermudah dalam menangani permasalahan tersebut. Ada beberapa cara untuk megatasi laptop lemot.

  1. Mengganti Hard Disk dengan SSD .
  2. Melakukan upgrade RAM .
  3. Lakukan perawatan hardware .
  4. Reset atau install ulang windows bila sudah tidak mendukung.
  5. Memakai sistem operasi yang ringan.
  6. Rutin melakukan full scan dengan antivirus
  7. Uninstall Software yang tidak di perlukan.
  8. Instal / jalankan software yang ringan.
  9. Jalankan program satu persatu jika spek laptop tidak tinggi.
  10. Nonaktifkan program-program tidak diperlukan yang berjalan di stratup.

Cara-cara di atas tentunya harus di sesuaikan dengan akar permasalahan, kenali dulu masalahnya kemudian kalian dapat mengambil langkah selanjutnya untuk menangani permasalahan yang ada. Semoga membantu dan bermanfaat !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *