Aplikasi dan Segudang Manfaatnya

Tidak di pungkiri jika era digital seperti sekarang segala kebutuhan didapat degan cara yang lebih efetif dan efisien. Seperti halnya aplikasi, yang memiliki peran dan merupakan komponen penting yang di sematkan dalam suatu perangkat. Dalam manfaatnya peranan aplikasi dapat kita jumpai dalam bidang, pendidikan, hiburan, bisnis dan sebagainya. Dan terlebih lagi cara untuk memeperoleh aplikasi yang begitu mudah, dengan biaya yang sedikit bahkan banyak pula aplikasi yang gratis.

Dahulu, sebelum aplikasi lahir dan berkembang. Terdapat beberapa kebutuhan yang harus mengeluarkan biaya lebih untuk mendapatkannya. Seperti untuk belajar bahasa asing yang membutuhkan translate bahasa sebagai penunjang proses belajar, kita harus membeli buku kamus bahasa yang tebal dan mengeluarkan kocek yang tidak sedikit untuk mendapatkannya. Contoh lainnya ketika pesan tiket kereta api yang harus ke stasiun, itupun jika jarak tempat tinggal cukup dekat dengan stasiun. Tetapi jika jarak begitu jauh untuk ke stasiun? Tentunya akan mengeluarkan biaya yang lebih pula untuk biaya transport ke stasiun. Bahkan mereka harus jauh-jauh hari untuk memesan tiket, dan tentunya akan sangat kesulitan dong jika terdapat agenda mendadak?.

Dengan berkembangnya teknologi, muncullah developer-developer yang ingin membangun aplikasi untuk memecahkan permasalahan sehari-hari yang ada di masyarakat . Aplikasi di bedakan menjadi aplikasi desktop, aplikasi web dan aplikasi mobile . Aplikasi di kembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman, seperti C++, Java, Php, Phyton dan bahasa pemrogaman lainnya. Suatu aplikasi di bangun, pada dasarnya aplikasi berupa algoritma dan bahasa (struktur data) untuk menjalankan suatu program berupa instruksi  dari pengguna sebagai input dan mengeluarkan hasil yang diinginkan sebagai output.

Sebagai contoh aplikasi translate bahasa, yang menerjemahkan dari bahasa Indonesia ke dalam bahasa inggris. Ketika kita mengetikkan bahasa Indonesia yang ingin di terjemahkan sebagai inputan, selang beberapa saat akan keluar outputan berupa kata atau kalimat dalam bahasa inggris . Contoh lain sepeti aplikasi pesan tiket, aplikasi web browser,  dan masih banyak lagi contoh aplikasi-aplikasi  yang lain serta kegunaannya.

Dari contoh di atas, sudah dapat di buktikan bahwa aplikasi dapat memberikan kemudahan serta kenyamanan untuk banyak orang. Menjadikan beberapa kebutuhan yang kemudian hanya terdapat dalam satu perangkat. Tentunya aplikasi memberikan kemudahan dalam mengakses sesuatu serta memiliki banyak manfaat jika di pergunakan sebagaimana mestinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *