Kirim Foto Kualitas Tinggi di WhatsApp, Ini Caranya !

WhatsApp merupakan aplikasi yang sering digunakan oleh pengguna media sosial . Tidak jarang, selain fitur utamanya sebagai media chatting pengguna juga menyertakan foto / gambar. Biasanya pengguna WhatsApp mengirim foto melalui opsi icon “gallery /  foto” ternyata cara ini dapat menurunkan kualitas foto yang telah dikirim. Seperti dari foto yang awalnya berukuran MB (Megabyte) menjadi ukuran KB (Kilobyte) , sehingga dapat menyebabkan foto tidak tajam atau pecah. Bahkan dapat mengubah format foto yang semulanya PNG menjadi JPG / JPEG.

Hal tersebut ternyata bertujuan untuk meminimalisir penggunaan bandwidth, mengurangi beban server WhatsApp, sampai dengan mengurangi waktu yang dibutuhkan dalam mengirim dan menerima gambar.

Tahukah kamu? Ternyata terdapat cara lain untuk mengirim foto agar tetap menjaga kualitas foto yang dikirim, dan penerima tetap mendapatkan foto dengan kualitas yang bagus.

Nah, bagaimana caranya? Caranya ubah tahapan dalam mengirim foto yang semulanya melalui opsi icon “gallery / foto” kali ini sobat ubah melalui icon “document / dokumen” . Kemudian seperti biasnya , cari file yang ingin dikirim , kemudian tekan tombol kirim. Kekurangan dari cara ini adalah, pengguna tidak dapat menambahkan keterangan dalam foto. Tetapi dengan cara ini, pengguna dapat mengirim kan foto  dengan kualitas yang bagus dan tidak mengurangi kualitas foto yang ada. Cara tersebut dapat di gunakan oleh pengguna IOS maupun Android.

Untuk membuktikannya , pengguna dapat mengirim 2 contoh file , yang dikirim  melalui opsi icon “gallery/ foto”. Dan melalui opsi “document / dokumen”. Dengan format foto yang dikirim PNG. Foto yang dikirim melalui opsi icon “gallery /  foto” akan mengalami penurunan kualitas , jika di zoom foto akan pecah. Serta foto yang semulanya memiliki format PNG berubah menjadi JPG / JPEG. Sedangkan foto yang dikirim melalui opsi icon “document / dokumen”, foto yang dikirim memiliki kualitas yang lebih bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *