Kegunaan Menyematkan AI pada Smartphone

Apasih yang menjadikan smartphone semakin canggih dan kekinian?. Untuk mendukung fitur-fitur yang disediakan, banyak smartphone sekarang yang dipercanggih dengan Artificial Intelligence(AI) atau kecerdasan buatan lho ! .

Ternyata terdapat beberapa teknologi AI yang di sematkan pada smartphone, seperti facial recognition biometrics, augmented reality, machin learing, dan sebagainya. Yuk menilik kegunaan AI pada smartphone.

Kamera ponsel dapat mendeteksi objek secara otomatis.
Mungkin sebagian kita pernah memfoto suatu objek dan scara otomatis kamera kita mampu mendeteksi objek yang akan kita foto, entah foto yang di ambil dengan mode landscape maupun portrait. Hal tersebut ternyata di dukung oleh AI, tidak hanya itu AI mampu memaksimalkan foto bokeh juga lho. AI dapat megenali wajah seseorang dikarenakan dengan teknologi facial recognition.
Facial recognition juga mampu memindai wajah seseorang, dengan menggunakan infra merah. Contohnya seperti megenali wajah penguna hanya dari foto, dan sebagainya.

Membantu tugas harian.
AI dapat mempermudah dalam menjalankan tugas sehari-hari. Karena ternyata Sistem AI dapat membaca system pola pengguna smartpone sehari-hari yang digunakan oleh pengguna, yang kemudian system AI akan menggunakan pola tersebut. Pola harian yang tersimpan pada system, kemudian akan terdeteksi oleh system dan akan diaplikasikan oleh system setiap harinya. Seperti salah sataunya mematikan nada dering secara otomatis.

Penerjemah / Translator .
Dengan adanya AI, beberapa smartphone memiliki aplikasi penerjemah. Sehingga dapat menyediakan penerjemah real-time, yang dapat di access dengan internet maupun tidak terkoneksi dengan internet.

Voice Assistant.
Ternyata Voice Assistant dapat mendeteksi dan merespon suara untuk melakukan tugas, seperti mengirim pesan di WhatsApp, berbicara kemudian mendeteksi hasil pencarian tertentu, melalukan beberapa pengaturan smartphone, dan lain sebagainya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *