Apa Itu Android ?

Era di gital sekarang ini pastinya kita sangat mudah dalam melakukan berbagai hal dan mengaccess segala hal menjadi lebih cepat. Tentunya segala kemudahan yang kita rasakan sekarang ini terdapat peran besar Android yang mendukung kemajuan teknologi, yang tengah kita rasakan sekarang ini. Apa sih itu Android? Bagaimana bisa meraksasa seperti sekarang?

Banyak yang mendefinisikan bahwa android sama halnya dengan smartphone. Namun sebenarnya, android merupakan  sistem operasi yang digunakan di dalam smartphone / telepon pintar dan tablet / PC. Dimana system operasi ini lah yang kemudian kan menyediakan berbagai kebutuhan yang ada di smartphone. Android sama halnya dengan system operasi IOS di Apple, Symbian di Nokia, BlackBerry OS, dan Mac Os di komputer Apple.

Android pertama kali di bangun oleh oleh Andy Rubin, Rich Miner, Nick Sears, dan Chris White pada bulan Oktober 2003, di bawa perusahaa bernama Android, Inc. Pada tahun 2005 Andy bertemu dengan larry Page, pemilik perusahaan pencaian raksasa Google.

Andy menjelaskan bahwa semakin lama ponsel akan menuai popularitas kepada Larry Page. Namun ada kekurangannya, yaitu industry mobile pada system operasi yang masih tertutup. Oleh sebab itu Andy memiliki solusi, yaitu platform Android yang open source  yang dapat digunakan oleh semua merek handphone dan tidak hanya terikat pada satu merek handphone saja.

Andy juga memberikan prototipe dari OS tersebut, yang kemudian di pegang oleh Larry Page. Hingga akhirnya Larry Page tidak hanya mendukung saja, tetapi pada bulan Juli 2005 Google membeli Android secara keseluruhan. Yang kemudian Android memberikan Platform terbuka untuk para pengembangnya sehingga dapat menciptakan aplikasi mereka sendiri dan di gunakan pada peranti bergerak.

Pada tanggal 5 November 2007, beberapa perusahaan membentuk aliansi bernama Open Handsel Alliance. Yang bertujuan untuk melahirkan sebuah standar terbuka bagi perangkat mobile. Aliansi tersebut merilis SDK yang yang kemudian Google mendorong para pengembang untuk membangun aplikasi – aplikasi mobile yang berjalan di atas Andoid. Dan kemudian munculah ponsel pertama yang berjalan di atas Android bernama HTC Dream (G1), dan kemudian lahir produk-produk yang di kembangkan lainnya.

Sumber : detik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *