Dampak Kemajuan Teknologi Informasi Pada Masyarakat

Berbicara tentang dampak teknologi , pastinya akan menimbulkan pro dan kontra dikalangan masyarakat. Banyak yang menilai kemajuan teknologi sangat membantu dalam memudahkan ataupun  menyelesaikan suatu pekerjaan, namun tidak sedikit pula yang beranggapan bahwa kemajuan teknologi dapat mengakibatkan efek samping ataupun kerugian di dalam masyarakat yang entah secara tidak langsung di sadari atau tidak.

Teknologi informasi merupakan kebutuhan primer yang  saat ini sering digunakan oleh masyarakat sekarang, bahkah tidak sedikit pula yang menjadikannya kebutuhan pokok. Dalam teknologi informasi, jika digunakan sesuai dengan etika penggunaannya, tentunya akan menimbulkan dampak positive diantaranya :

  1. Memudahkan dan memepercepat akses informasi yang kita butuhkan.
  2. Mempemudah dalam menjangkau suatu tempat, seperti aplikasi Go-Jek ataupun Grab.
  3. Mempemudah dalam melakukan transaksi, saat ini banyak masyarakat yang menggunakan pembayaran elektronik untuk melakukan transaksi.
  4. Memepermudah dalam melakukan komunikasi yang tidak terhalang waktu dan tempat.
  5. Dapat memepemudah pengusaha yang tidak memiliki lapak.

Dari beberapa dampak positive tesebut, masih terdapat dampak positive lainnya. Selain dampak positive teknologi informasi jika digunakan tidak sesuai dengan etika penggunaan teknologi informasi tentunya dapat menimbulkan dampak negative bagi masyarakat , diantaranya :

  1. Menyebarkan berita bohong / hoax, yang tentunya dapat menimbulkan kerugian bagi orang lain.
  2. Postingan yang tidak di filter telebih dahulu memudahkan hatespeech menyebar dan dapat menimbulkan monopoli dan perpecahan.
  3. Dapat memunculkan budaya plagiarisme atau menjiplak karya orang lain, jika tidak menuliskan sumber dengan jelas.
  4. Cyber Bullying

Tetapi dengan beberapa kesenjangan pendapat dan dampak-dampak yang dapat di timbulkan, tentunya semua tergantung oleh pribadi masing-masing. Jadi mari gunakan teknologi informasi secara baik dan bijak yuk sobat !  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *