6 Tips Menggunakan Earphone

Belajar maupun bekerja dikantor sambil mendengarkan musik melalui computer atupun HP memang akan meningkatkan mood. Apalagi jika lagu yang di dengarkan sesuai dengan perasaan yang sedang di rasakan. Bahkan sebagian orang bekerja atau bahkan belajar sambil mendengarkan musik dapat meningkatkan kecepatan mereka dalam menyelesaikan tugas-tugas.

Tahukah sobat? Bahwa sebenarnya gendang telinga manusia memiliki batas suara.  Karena earphone tidak dapat mengirimkan tingkat dinamika yang sama, sehingga earphone biasanya digunakan dengan volume yang lebih tinggi, sedangkan telinga manusia memiliki keterbatasan kemampuan pendengaran berdasarkan volume besar kecil frekuensi bunyi yang didengar.

Berdasarkan standar internasional manusia tidak baik jika mendengarkan suara denga frekuensi di atas 80 dB secara terus menerus. Biasanya kita menggunakan earphone dengan suara yang keras, suara keras yang di hasilkan earphone biasanya dapat mencapai frekuensi hingga 90 dB atau setara dengan suara mesin pemotong rumput lho ! . Jika telinga manusia mendengarkan suara dengan frekuensi > 90 dB dan di lakukan secara terus menerus, hal tersebut dapat  mengakibatkan kerusakan pada telinga, seperti penurunan fungsi pendengaran dan lainnya. Pada dasarnya sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, jadi gunakan earphone secara baik ya sobat !

Menurut hasil analisis Rumah Sakit Indriati Solo Baru Sukohajo, berikut merupakan tips-tips menjanga kesehatan telinga :

  1. Gunakan pelindung telinga, jika lingkungan kerja selalu menciptakan suara keras
  2. Gunakan alat music , serta alat pendengaran yang memiliki kotrol volume sehingga sobat dapat mengatur kapasitas volume suara yang kita dengar.
  3. Jika mendengarkan music hingga sobat tidak dapat mendengar suara orang lain, artinya volume musik terlalu keras dan sobat harus menurunkannya.
  4. Jangan terlalu sering menggunakan earphone untuk mendengarkan music. Beri waktu untuk telinga sobat beristirahat. Atau dapat mengikuti aturan 60/60 , yang artinya batas volume musik adalah tidak lebih dari 60% dan menggunakannya tidak lebih dari 60 menit sehari.
  5. Jangan mendengarkan dua sumber suara keras dalam satu waktu.
  6. Jika sobat suka menonton konser atau pergi ke tempat yang memutar musik dengan suara keras, sebaiknya menggunakan penyumbat telinga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *