Internet dan Medsos Perluas Pemasaran UMKM

Internet saat ini begitu mudah diakses. Hampir semua orang menggunakan smartphone dan membawa HP kemana-mana. Dan terlebih lagi dalam penggunaan media sosial, siapa saja, tak hanya generasi milenial hampir setiap saat menatap layar HP.

Oleh karena itu banyak pelaku UMKM yang menyadari akan peluang dari kebiasaan tersebut. Seperti yang kita sadari , banyak pelaku UMKM serius dalam memanfaatkan internet dan media sosial untuk menunjang dalam strategi bisnis mereka, terutama digital marketing / pemasaran secara digital yang bertujuan untuk menciptakan pasar baru serta agar dapat mengikuti arus globalisasi yang semakin kompetitif.

Internet dan media sosial merupakan salah satu wujud dari kemajuan era globalisasi, dalam hal ini pemanfaatan internet dan media sosial dalam digital marketing dapat menambah / memperluas jangkauan pemasaran pelaku usaha mickro di daerah-daerah. Penggunaan media sosial seperti WhatsApp, Line, Instagram, Facebook, Twitter, Youtube dan lain masih banyak lagi, dalam pemanfaatan dunia bisnis dinilai dapat menguntungkan konsumen.

Pemasaran secara digital telah meninggalkan jauh pemasaran konvensional yang dinilai banyak membutuhkan biaya dan waktu. Meskipun memang masih bisa dilakukan, namun digital marketing di anggap menjadi sesuatu yang tidak boleh diabaikan oleh para pembisnis saat ini

Tidak hanya pebisnis yang sudah memiliki perusahaan saja yang dapat berkembang dan maju, bahkan hingga dapat mengekspor produk/layanannya .Tetapi, para pelaku UMKM pun bisa mengoptimalkan fungsi digital marketing untuk mengembangkan usaha.

Banyak yang beranggapan bahwa digital marketing lebih rumit. Justru digital marketing memberi kemudahan untuk memasarkan produk/layanannya.

Selain mudah, digital marketing juga lebih cepat dilakukan agar pebisnis bisa menjangkau lebih banyak orang tanpa mengeluarkan banyak biaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *